1897-1924 (seri Coen Mercurius)

18.57


Seri Coen Mercurius terdiri dari 5 pecahan yaitu 100, 200, 300, 500 dan 1000 Gulden. Semua pecahan memiliki gambar yang serupa tetapi dengan warna yang berbeda. Pada sisi kanan uang terdapat gambar JP Coen sedangkan pada sisi kiri bergambar dewa Mercurius (dewa pelindung bisnis pada mitologi Yunani) yang sedang memegang tongkat Caduceus, karena itu seri ini sering juga disebut sebagai Coen tongkat. Gambar dewa Mercurius ini kemungkinan besar diambil dari sketsa karya Polidoro Caldara da Caravaggio (1495 - 1543) yang tersimpan di museum Boijman Van Beuningen Rotterdam Belanda. 

 

Gambar Merkurius pada uang (kiri) dan pada sketsa Polidoro Caldara (kanan)
Perhatikan kemiripan antara keduanya


Tanda air
Semua pecahan ini memiliki tanda air serupa yaitu tulisan JAV.BANK yang terletak di tengah-tengah kertas tepat di daerah yang bertandatangan.










Semua pecahan pada seri ini memiliki tepi yang tidak rata mirip seperti seri bingkai. Ukuran kertas semua pecahan juga serupa yaitu berkisar di 207 x 135 mm. Pecahan 100 berwarna kebiruan, 300 Gulden berwarna kehijauan, sedangkan pecahan 200, 500 dan 1000 berwarna kecoklatan yang sepintas sangat mirip. Perbedaan utama hanya pada tulisan dan angka yang mencantumkan nominalnya.


Pecahan 100 Gulden 
Berwarna kebiruan dengan variasi tanda tangan setidaknya ada 9 macam















Pecahan 200 Gulden
Berwarna coklat kemerahan. Variasi tanda tangan yang sudah terdata sekitar 8 jenis.














Pecahan 300 Gulden
Berwarna hijau dan merupakan kunci dari seri ini. Menurut katalog Pick ada 2 variasi tanda tangan dan sampai saat ini belum pernah terlihat versi non specimennya.















Pecahan 500 Gulden
Berwarna coklat tua dengan 6 variasi tanda tangan yang telah terdata, versi issued (non specimen) pecahan ini sangat langka dan hanya pernah terlihat satu kali saja di lelang internasional bertahun-tahun yang lalu















Pecahan 1000 Gulden
Berwarna coklat muda dengan 6 variasi tanda tangan yang telah terdata ditambah satu yang tidak ada di katalog manapun sehingga total ada 7 jenis. Gambar di bawah merupakan versi issued dengan tanda tangan yang tidak terdata dan ditampilkan secara eksklusif untuk pertama kalinya di website ini. 















Variasi :
1. SPECIMEN (1)
Stempel SPECIMEN berwarna merah melintang baik di sisi depan maupun belakang, lengkap dengan nomor seri dan tanda tangan. Semua pecahan dapat ditemukan dalam bentuk SPECIMEN. 



























Jauh lebih mudah mengumpulkan versi SPECIMEN daripada versi non specimennya. Karena kunci seri ini terletak di pecahan 300 Gulden maka tidak heran harga termahal dipegang oleh pecahan tersebut. Jumlah pecahan 300 Gulden berdasarkan pengamatan diperkirakan ada belasan atau paling banyak 20an lembar. Tetapi bila kita melihat nomor seri pecahan 300 Gulden yang berkisar dari OL 2002 sampai dengan yang tertinggi saat ini OL 2048 dan bila semuanya memang masih ada maka jumlahnya bisa mencapai 2 kali lipat atau sekitar 40an lembar. Saya berhasil mengumpulkan 6 lembar gambar yang masing-masing memiliki nomor seri OL 2002, 2009, 2023, 2046, 2047 dan 2048. Tentu masih cukup banyak yang dimiliki para kolektor lainnya. Mari kita lihat gambar di bawah :



 

 

Perhatikan nomor seri pecahan 300 Gulden di atas :
 OL 2002, OL 2009, OL 2013, OL 2046, OL 2047 dan OL 2048. Apakah uang-uang dengan nomor seri diantaranya masih ada? Ataukah hanya sebagian saja yang tersisa?


2. SPECIMEN (2)
Stempel SPECIMEN berwarna merah tebal, dengan perforasi bertulisan VERNIETIGD. 
Bentuk yang cukup langka.














3. PROOF


 















Tanpa nomor seri dan tanda tangan. Bertanggal fiktif 31 Juni 1908 dan warna berbeda dengan versi beredar. Sudah tentu sangat langka ditemukan.


4.VARIASI TANDA TANGAN
Kelima pecahan seri ini memiliki variasi tanda tangan yang sangat banyak dan rumit untuk disusun. Pick menampilkan 28 jenis, Mevius 13 jenis dan KUKI 12 jenis. Yang tidak terdata oleh katalog-katalog tersebut tetapi diyakini keberadaannya berdasarkan laporan para kolektor ada tambahan sekitar 4 variasi lagi sehingga bila digabung dan ditotal semuanya terdapat sekitar 32 jenis variasi.........!!

Pembagian yang paling baik adalah berdasarkan warna nomor seri dan ukuran text undang-undang.

Perbedaan warna nomor seri :


Nomor seri hitam (2 huruf 4 angka) dan merah (2 huruf 6 angka), hanya berlaku untuk pecahan 100 dan 200 Gulden. Pecahan lain tidak memiliki nomor seri berwarna merah. 


Perbedaan text undang-undang :




















Text undang-undang variasi 1 berukuran besar (atas) dan variasi 2 berukuran kecil (bawah), text yang kecil tidak ditemukan pada pecahan 300 Gulden.



Pecahan 100 Gulden : 
a. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran besar (6 jenis)
1HPJ van den Berg - D Groeneveld
2JFH de Vignon Vandevelde - J Reijsenbach
3AF van Suchtelen - J Reijenbach
4J Gerritzen - G Vissering
5J Gerritzen - EA Zeilinga
6KF van den Berg - EA Zeilinga

b. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran kecil (2 jenis)
7KF van den Berg - EA Zeilinga 
8L von Hemert - EA Zeilinga

c. Nomor seri merah (2 jenis)
9L von Hemert - EA Zeilinga
10JF van Rossem - EA Zeilinga

Bila ditotal terdapat 10 jenis variasi tanda tangan, mari kita lihat sebagian diantaranya : 

Variasi 4 : J Gerritzen - G Vissering











Variasi 5 : J Gerritzen - EA Zeilinga










Variasi 6 : KF van den Berg - EA Zeilinga dengan text undang-undang berukuran besar di bagian belakang



Variasi 9 : L von Hemert - EA Zeilinga dengan nomor seri berwarna merah


Pecahan 200 Gulden :
a. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran besar (6 jenis)
1HPJ van den Berg - D Groeneveld
2JFH de Vignon Vandevelde - J Reijsenbach
3AF van Suchtelen - G Vissering
4J Gerritzen - G Vissering
5J Gerritzen - EA Zeilinga
6KF van den Berg - EA Zeilinga

b. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran kecil (1 jenis)
7.     KF van den Berg - EA Zeilinga 

c. Nomor seri merah (1 jenis)
8.     JF van Rossem - EA Zeilinga


Dari total 8 jenis sebagian diantaranya adalah :










Variasi 6 : KF van den Berg - EA Zeilinga


Variasi 8 : JF van Rossem - EA Zeilinga


Pecahan 300, 500 dan 1000 Gulden hanya memiliki nomor seri berwarna hitam sehingga pembagiannya hanya berdasarkan ukuran text undang-undang.

Pecahan 300 Gulden :
Katalog Pick mendata ada 2 variasi yaitu : 
1HPJ van den Berg - D Groeneveld
2HJ Meertens - JFH de Vignon Vandevelde





 Variasi 2 : HJ Meertens - JFH de Vignon Vandevelde


Pecahan 500 Gulden :
a. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran besar (5 jenis)
1HPJ van den Berg - D Groeneveld
2JFH de Vignon Vandevelde - J Reijsenbach
3J Gerritzen - G Vissering
4J Gerritzen - EA Zeilinga
5KF van den Berg - EA Zeilinga 

b. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran kecil (1 jenis)
6.     KF van den Berg - EA Zeilinga   









Variasi 6 : KF van den Berg - EA Zeilinga


Pecahan 1000 Gulden :
a. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran besar (6 jenis)
1HPJ van den Berg - D Groeneveld
2JFH de Vignon Vandevelde - J Reijsenbach
3HJ Meertens - JFH de Vignon Vandevelde
4J Gerritzen - G Vissering
5J Gerritzen - EA Zeilinga
6KF van den Berg - EA Zeilinga 

b. Nomor seri hitam dengan text undang-undang berukuran kecil (1 jenis)
7.     KF van den Berg - EA Zeilinga 









Variasi 1 : HPJ van den Berg - D Groeneveld










Variasi 2 : JFH de Vignon Vandevelde - J Reijsenbach











Variasi 3 : HJ Meertens - JFH de Vignon Vandevelde











Variasi 4 : J Gerritzen - G Vissering










Variasi 6 :  KF van den Berg - EA Zeilinga


Tentu masih mungkin ada variasi tanda tangan yang belum ditemukan. Karena itu dibutuhkan kerjasama dari teman-teman semua.
Secara ringkas seri ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Jauh lebih mudah mengumpulkan versi SPECIMEN daripada versi issued (NON SPECIMEN)
Versi issued (NON SPECIMEN) sangat sulit ditemukan dan bernilai jual sangat tinggi. Pecahan terbesar yang mungkin didapatkan adalah 200 Gulden, sangat kecil kemungkinan bisa mendapatkan pecahan-pecahan yang lebih besar lagi. Dalam kurun waktu puluhan tahun, pecahan 500 Gulden  hanya pernah terlihat sekali saja, demikian juga dengan pecahan 1000 Gulden yang baru kali ini saya tampilkan di web. Pecahan 300 Gulden bahkan belum pernah terlihat sama sekali. Karena itu saran saya bila anda berminat dengan seri ini cukup kumpulkan versi SPECIMEN.

2. Semua versi memiliki tepi yang tidak rata sehingga ukuran uang menjadi tidak standard. Versi SPECIMEN pecahan 100, 200, 300 dan 500 Gulden banyak yang ditemukan dalam kondisi baik bahkan  ada yang UNC, tetapi untuk pecahan 1000 Gulden SPECIMEN sangat sulit ditemukan yang berkondisi prima.  Semua pecahan SPECIMEN memiliki sepasang atau lebih lubang staples di sudut kirinya, walau demikian beberapa balai lelang internasional masih memasukkannya ke dalam grade UNC (lihat bukti di bawah) :





3. Variasi tanda tangan sangat banyak sekali. Tabel di bawah merupakan gabungan dari semua katalog (Pick, Mevius dan KUKI)  termasuk juga beberapa diantaranya yang tidak terdaftar (unlisted) :


4. Tentang harga, saya rasa sebaiknya tidak dicantumkan karena perubahannya sangat cepat sekali, terutama 2-3 tahun terakhir. Para kolektor, investor dan spekulan berlomba-lomba membeli lalu menjualnya kembali dengan harga berlipat-lipat. Padahal selama beberapa tahun sebelumnya seri ini tidak mengalami perubahan harga yang mencolok. Pada Lelang JA tahun 2007 satu set SPECIMEN lengkap seri ini masih ditambah dengan satu set SPECIMEN seri bingkai dan Coen 5 Gulden SPECIMEN bahkan tidak terjual. Padahal harga pembukaan 'hanya' Rp.100 juta untuk semuanya. 



5. Seri ini bersama-sama dengan seri Bingkai 10, 25, 50 Gulden dan Coen 'kecil' 5 Gulden memiliki tahun edar dan variasi tanda tangan yang kurang lebih sama. Karena itu para kolektor menganggap ketiga seri tersebut beredar pada saat bersamaan dan merupakan satu kesatuan.


==============================================================






Jakarta 12 Oktober 2012
Terima kasih kepada semua kolektor yang telah berpartisipasi sehingga seri yang sangat sulit ini dapat kita lihat bersama.
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com

Sumber :
1. KUKI
2. Standard Catalog of Paper Money (Pick)
3. Catalogue of Paper Money of the VOC, Netherlands East Indies and Indonesia from 1782 to 1981
4. Koleksi teman-teman kolektor.
















Artikel Terkait

Previous
Next Post »