24. Penipuan .... lagi-lagi penipuan (wayang 1000)

banggarsa 19.46
Atas permintaan banyak teman, artikel ini saya tampilkan kembali


Pada tanggal 19 November 2013 saya mendapatkan email sebagai berikut :

Pak saya Anwar asal Bandung, setelah melihat blog bapak soal mencari uang kertas kuno mungkin yang saya tawarkan ini bisa menjadi salah satu yang bapak cari selama ini. ini no tlp saya pak 0813134577**

Sebenarnya dengan sekali lihat kita sama-sama mengetahui kalau kedua uang tsb bukanlah uang asli.
Tetapi saya tetap menjawab dan melanjutkan permainannya.... 
Halo juga
Maaf pak. Apa benar tanggalnya 32 juni? Kita sama-sama tahu kalau tanggal 32 itu tidak pernah ada. Coba sy minta foto bagian belakang uang serta tanggal uang2 tsb.
Terima kasih

Balasannya :
Betul pak ini saya juga bingung, tp keasliannya bisa di check

Tanggal fiktif 32-6-33 hanya terdapat pada versi specimen

  Perhatikan bagian watermark dari bagian belakang, tampak bayangan wajah patung 

Perforasi yang tidak bolong dan tanda tangan yang dimirip-miripkan

Prefix dan nomor serinya dibuat cukup cantik 


Saya melanjutkan :
Baik. Boleh sy tahu darimana asal uang2 tsb? Apkh dari teman atau warisan atau penemuan? Bagaimana cara cek keasliannya? Trims.


Itu dpt dari warisan uyut saya pak, ya bapak lebih tau dari saya buat cek fisik keasliannya dgn cara langsung  kita bertemu mungkin pak itu pun dgn keseriusan bapak niat membeli ini uang.

Oh kalau asli pasti sy beli. Anda tinggal di daerah mana? Klu sy di daerah Jakarta Utara.

Saya mau coba cek ke BI pak sekarang buat mencari info nya
owh iya pak kalau memang ini asli gambaran harganya dikisaran brp ya pak....
(Nah, diapun mulai sangsi dengan keaslian uang miliknya sendiri)

Sebaiknya gak usah pak. BI tidak terlalu mengerti tentang uang kuno. Anda harus ke museum BI di daerah Kota. Disana ada kurator yg siap membantu. Boleh sy tau berapa harga yg bapak minta untuk keduanya? Trims

Ini ada org Cirebon yg menawarkan 50jt perlembarnya pak
klo bapak berani di kisaran harga berapa ya kira2....
(mulai tidak konsisten, tadi katanya warisan dari uyut sekarang milik orang lain dari Cirebon)

Jawaban saya :
Kalau asli? Saya bayar 75 juta selembar. Klu palsu paling 10 ribu sekedar pengganti ongkos print


Jadi mau kita buktikan bersama di Jakarta di kolega bapak tadi yg bisa bantu?



Sebelum kita ketemu ada satu permintaan lagi. Tolong hadapkan uang tsb ke lampu lalu difoto. Sy mau tau gambar air yg ada di tengah uang (tepat di bagian bundaran putih). Semua uang tsb memiliki tanda air yg sangat bagus dan jelas. Sy mau lihat apa gbr tsb ada di uang anda.

Siap. Kalau mau kita video call aja pak kebetulan hp saya support buat itu
Sent from my iPhone
(cukup canggih juga ya....)

Wah, rupanya ada tanda airnya juga... Hebat!

Saya rasa semua data yang mendukung sudah berhasil saya dapatkan maka sayapun mengambil langkah untuk menyudahi permainan ini:
Sudah cukup jelas. Uang2 milik anda palsu. Yg asli tidak ada yg bernomor seri JJ. Tidak ada yg bertahun 33 dan tidak bergambar air seperti itu. Terima kasih.


Email terakhir dari dia :
Memang yg aslinya seperti gmn pak..?
Sent from my iPhone
(akhirnya dia nyerah juga dan bertanya tentang yang asli agar bisa membuat yang lebih mirip lagi)

Jawaban terakhir dari saya :
Yg asli? Anda bisa lihat di museum BI. Disana ada. Sy gak bisa memberikan rinciannya krn nanti akan menyebabkan penipu seperti anda menjadi semakin canggih. Anda sebelumnya bilang kalau brg tsb berasal dari uyut, sy yakin bukan demikian. Brg tsb di copy dr internet lalu di print dg printer biasa. Dilakukan oleh teman yg merasa jago dari daerah Jawa Barat. Dan digunakan utk menipu para kolektor. Sy sudah mendapatkan tawaran spt ini belasan kali dan semua data2 nya sy simpan. Jadi saran sy sebaiknya anda kembalikan brg2 tsb ke pemilik asal dan jangan coba2 lagi menjual barang-barang tsb. Yg terakhir, bila masalah ini bertambah serius dan suatu saat diperlukan oleh yang berwenang, sy harap anda bersedia menjadi saksi. Semua data-data anda berupa nama, nomor telpon, alamat email dan gambar-gambar yang anda kirim telah saya simpan untuk digunakan sebagai bukti. Terima kasih.

Tidak ada jawaban lagi dari dia


Iklan di salah satu media sosial :

Contoh SMS lain :

Saya mempunyai uang seri wayang 1933 pecahan 1000 kondisi VF. Milik pribadi, lokasi Jaksel. 
Dihargai berapa, mohon infonya. Tks. ALI MANSUR SIDIK
(087724989***)

Contoh email lain :

Assalamualaikum.... salam kenal saya Nizar dari Bekasi.
saya dapat titipian dari teman yg ingin jual uang kuno 1000 gulden tahun 1933.
kondisi uang ada bebarapa dipinggir robek sedikit, ditengah bawah
(bekas lipat tengah) ada robek 1/2 cm dan pinggir kanan bawah ada
terkelupas sedikit....
berikut saya lampirkan gambar hasil scan uang tersebut...
tolong bapak cek dan kalau berminat bisa ditindaklanjut ke no. hp saya
0812 9377 39**...
terima kasih..




Gambar yang dikirim teman lain terkait penipuan ini :


  Ciri-cirinya serupa, perhatikan nomor serinya yang berbeda sehingga dapat dipastikan barang ini dicetak dalam jumlah banyak
Berhati-hatilah!!


Artikel Terkait

Previous
Next Post »