56. SECURITY PRINTING GAJAH MADA

18.54
Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERUM PERURI) didirikan pada tahun 15 September 1971, merupakan gabungan dari dua Perusahaan PN. Pertjetakan Kebajoran dan PN. Artha Yasa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor : 60 tahun 1971. Tugas Utama PERUM PERURI adalah menyelenggarakan usaha mencetak uang rupiah Republik Indonesia (baik uang kertas maupun uang logam) untuk Bank Indonesia serta mencetak produk kertas berharga non uang sesuai pesanan perusahaan pemesan.

Dalam rangka ulang tahun ke 40 tanggal 15 September 2011, PERUM PERURI mengeluarkan Security Printing (SP) terbaru yang menampilkan gambar utama Gajah Mada.  


Security Printing Gajah Mada memiliki gambar yang sangat indah, menampilkan kombinasi warna-warna lembut yang dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru. Nomor seri yang dipilih adalah PP150971 yang merupakan tanggal lahir PERUM PERURI yaitu 15-09-1971. 

Security Printing Gajah Mada ini dilengkapi dengan folder yang berisi keterangan tentang fitur keamanannya serta uraian singkat mengapa menggunakan gambar utama Gajah Mada.

Gambar depan folder


   Bagian dalam folder berisi keterangan tentang fitur keamanan SP




SP Gajah Mada berukuran 160 x 72 mm,  memiliki watermark bergambar serupa yaitu Gajah Mada tetapi dengan wajah yang berlawanan arah dengan gambar utama. Selain itu pada sisi kiri juga memiliki tulisan mikroskopis  yang berisi Sumpah Palapa.






Dan bila dilihat dengan lampu ultraviolet akan memberikan pendaran warna berupa benang pengaman berwarna warni di bagian depan serta bintang bersudut delapan yang sangat indah di bagian belakang. 



SP Gajah Mada bila dilihat dengan lampu UV


Banyak fitur-fitur keamanan lain yang bisa kita dapatkan pada SP ini seperti multi tone intaglio, latent image, dia-positive  microletter dan lain sebagainya. Sudahkah teman-teman memiliki SP yang indah ini?























Artikel Terkait

Previous
Next Post »